Visi dan Misi SMK Negeri 1 Simanindo

Posted on Updated on

Visi      :

“Menjadi Lembaga Diklat yang Menghasilkan tamatan yang berkualitas dan unggul serta memiliki nilai budaya bangsa”.

Misi     :

  1. Menyelenggarakan program pendidikan dan pelatihan dengan mengintegrasikan pembinaan intelektual, kreatifitas, keterampilan dan akhlak.

  2. Mengembangkan iklim belajar dan bekerja yang kompetitif dengan pengaktualisasian Potensi Sekolah, Guru, Siswa dan Stake holder.

  3. Meningkatkan kegiatan ekstrakurikuler yang mengasyikkan sesuai dengan potensi yang ada.

  4. Meningkatkan kerja sama dengan lembaga / institusi terkait, masyarakat, Dunia Usaha dan Dunia Industri dalam upaya pengembangan program pendidikan dalam mengimbangi akselerasi ilmu pengetahuan dan teknologi.

  5. Mengupayakan pemenuhan sarana prasarana pendukung Kegiatan Belajar Mengajar

  6. Mengupayakan pemenuhan dan peningkatan kuantitas dan kualitas tenaga pendidik dan tenaga kependidikan.

TUJUAN SMK NEGERI 1 SIMANINDO

Adapun yang menjadi tujuan SMK Negeri 1 Simanindo adalah sebagai berikut :

  1. Meningkatkan kualitas tamatan dengan berbagai kompetensi sesuai dengan tuntutan dunia kerja.

  2. Membudayakan persaingan sehat di antara sesama warga sekolah dalam rangka aktualisasi potensi diri masing-masing.

  3. Meningkatkan kualitas pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler unggulan sesuai dengan minat dan bakat siswa

  4. Mengoptimalkan kontribusi stake holder dalam rangka pengembangan sekolah secara bertahap dan berkesinambungan.

  5. Meningkatkan kuantitas dan kualitas sarana prasarana untuk mendukung terselenggaranya kegiatan belajar mengajar yang efektif dan efisien.

  6. Meningkatkan kuantitas dan kualitas tenaga pendidik dan tenaga kependidikan sesuai dengan tuntutan ilmu pengetahuan dan teknologi.

SASARAN

Sasaran yang dimaksud adalah penjabaran dari tujuan secara struktural yang akan dicapai atau dihasilkan secara nyata oleh SMK Negeri 1 Simanindo dalam jangka 5 tahun.

Adapun sasaran tersebut sebagai berikut :

  1. Mengupayakan Tercapainya Tujuan Sekolah yang dicerminkan oleh :

    • Penampilan sekolah yang kondusif terhadap terciptanya Kegiatan Belajar Mengajar yang disenangi oleh siswa

    • Upaya Guru dan Pegawai yang maksimal dalam pengelolaan sekolah disertai dengan adanya kepuasan bathin yang seimbang akan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap hasil Ujian Nasional yang maksimal dan pada akhirnya tamatan dapat bekerja atau mandiri

  2. Mengembangkan struktur organisasi dan manajemen sekolah agar senantiasa sesuai dengan kebutuhan untuk mencapai Tujuan Pendidikan Menengah Kejuruan yang tertuang dalam Rencana Strategis.

    • Meningkatkan kinerja tenaga pendidik dan kependidikan melalui peningkatan jumlah dan kualitas.

    • Mengembangkan Kurikulum yang berdasarkan Kompetensi, yang sifatnya luwes dan fleksibel sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan DU/ DI.

  3. Meningkatkan Pembinaan Siswa dengan pendekatan bimbingan dan konseling sehingga termotivasi mengikuti pendidikan, berinisiatif, movatif, kreatif dan produktif sehingga mampu mengaktualisasikan potensinya.

  4. Mengembangkan fasilitas yang mencakup bangunan, perabot, peralatan dan buku yang standar guna pencapaian Tujuan Pendidikan SMK.

  5. Mengembangkan Wiyata Mandala yang meliputi kondisi fisik dan Sosio Psikologis yang sangat mempengaruhi iklim kerja dan belajar yang kondusif

  6. Meningkatkan hubungan kerja sama dengan Dunia Usaha dan Dunia Industri sebagai perwujudan dari kebijakan Link and Match dalam upaya peningkatan mutu SMK sesuai dengan kebutuhan pasar kerja.

  7. Mengoptimalkan Kegiatan Unit Produksi sebagai wadah Pendidikan dan Pelatihan, sebagai modal industri guna pencapaian kompetensi siswa dan juga peningkatan kesejahteraan ketenagaan.

 

 

Tinggalkan komentar